bahasa dan  seni

Konsep psikologi adalah gagasan-gagasan mengenai sesuatu yang menyangkut tentang tingkah laku manusia dan lingkungan sekitarnya melalui pengalaman-pengalaman yang dialami.

Melalui matakuliah ini mahasiswa akan mempelajari dasar-dasar dari ilmu psikologi, antara lain :

1. Pengertian psikologi

2. Hubungan psikologi dengan ilmu lain

3. Sejarah psikologi dan psikologi sebagai ilmu otonom, dan

4. Aliran psikologi

Peranan otak/neurosains sangat penting dalam pembentukan perilaku manusia, normal atau menyimpang. Otak yang merupakan kumpulan dari milyaran sel neuron yang berhubungan melalui trilyunan koneksitas sinaptik membentuk sirkuit-sirkuit yang sangat kompleks yang menghubungkan area-area fungsional otak, tempat proses transformasi data (input-proses-output) terjadi melalui proses kimia listrik.

Proses pembelajaran dalam bidang psikiatri ini harus selalu berkelanjutan dan meliputi berbagai perkembangan bidang ilmu terkait.

Biopsychology II merupakan lanjutan dari Biopsychology I, berisi materi ajar memgenai berbagai sindroma gangguan seperti gangguan Mental Organik , Skizofrenia, Gangguan skizoafektif, gangguan bipolar, gangguan depresi, gangguan stress pasca trauma, gangguan obsesif kompulsif, gangguan dissosiatif, gangguan psikoseksual dan gangguan kepribadian.

Selain mempelajari gangguan tersebut, mata kuliah ini juga menyajikan jenis intervensi yang dapat digunakan.

  • Teacher: Setriani Ria
  • Enrolled students: No students enrolled in this course yet

Dalam ranah tes psikologi, terdapat suatu perbedaan antara tes kemampuan (ability test) dan tes kepribadian (personality test). Dalam cakupan definisi yang luas, tes kemampuan mencakup beragam instrumen untuk mengukur inteligensi, prestasi dan bakat-minat.

  • Teacher: Setriani Ria
  • Enrolled students: No students enrolled in this course yet

Pada mata kuliah ini mahasiswa mempelajari proses pengumpulan data, penyajian, analisis dan interpretasi data yang dapat digunakan untuk membuat sebuah hipotesis yang dilakukan secara empiris. Dalam mata kuliah ini, maka statistika inferensial menjadi fokus utama yang merupakan bidang ilmu statistika yang mempelajari cara penarikan kesimpulan tetang keseluruhan populasi berdasarkan data yang ada (sampel) serta pengambilan keputusan berdasarkan fakta- fakta itu. Dalam statistik inferensial berisi estimasi parameter, uji hipotesis, prediksi dan perhitungan derajat asosiasi antar variabel.

Mata Kuliah Bahasa Indonesia adalah mata kuliah wajb universitas yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa. Mata kuliah ini memiliki bobot SKS sebesar 3 SKS. Oleh sebab itu, mahasiswa harus memahami dan menguasai perkuiahan ini dan mengikuti materi perkuliah selam satu semester. Tujuan mata kuliah ini adalah untuk memberikan pengetahuan tentang bahasa Indonesia kepada mahasiswa sehingga mahasiswa mampu menggunakan bahasa Indonesia  dengan baik dan benar sesuai dengan situasi dan kondisinya. Dengan demikian, mahasiswa akan terampil berbahasa Indonesia.