Dalam Islam, norma etis sebenarnya telah menyatu dalam setiap aktivitas, termasuk bisnis. Ia merupakan kumpulan ajaran (doktrin) dan nilai-nilai yang dapat mengantarkan kebahagiaan hidup manusia dan merupakan suatu sistem terpadu untuk seluruh aspek kehidupan. Melihat urgensitas permasalahan ini, secara teoritis mempunyai tujuan untuk mengkonstruksi dan mengembangkan pemikiran tentang etika bisnis dalam perspektif Islam, khususnya mengenai hubungan norma- norma etika dengan aktivitas bisnis. Dalam konteks ini, aktivitas bisnis tidak bisa dipisahkan dengan etika, karena; pertama, bisnis tidak bebas nilai; kedua, bisnis merupakan bagian dari sistem sosial; ketiga, aplikasi etika bisnis identik dengan pengelolaan bisnis secara profesional.

 

Mata kuliah ini mengkaji tentang diskursus seputar etika bisnis menurut perspektif Islam. Pembahasannya meliputi hakekat etika dan bisnis, prinsip-prinsip etika bisnis konvensional dan Islam, etika Islam dalam bidang produksi, distribusi, dan konsumsi, Praktek bisnis yang diperbolehkan dan yang dilarang, pandangan Islam tentang kekayaan dan dampak distribusi kekayaan bagi masyarakat, tanggung jawab sosial bisnis: pelaku bisnis, lingkungan alam, kesejahteraan sosial secara umum, intervensi negara dalam bisnis, dan peranan lembaga hisbah. Materi ini sangat penting bagi mahasiswa untuk memperluas pengetahuan tentang etika bisnis Islam.