Geometri Analitik Bidang '21 - MAT 315


Assalamualaikum wr. wb.

Selamat bergabung bagi mahasiswa yang menempuh mata kuliah Geometri Analitik Bidang.  Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika dengan bobot 3 sks. Selama satu semester ke depan perkuliahan akan didampingi oleh Saya, Desrina Hardianti, M.Pd. selaku dosen pengampu mata kuliah Geometri Analitik Bidang. Sehubungan dengan masih merebaknya Covid-19, sebagai upaya pencegahan penularan pandemi ini, maka perkuliahan selama satu semester ke depan akan dilakukan secara daring. Pada ruang belajar daring ini, saya sudah mempersiapkan beberapa materi yang akan kita pelajari.

Geometri Analitik Bidang merupakan bagian dari ilmu matematika yang melibatkan konsep aljabar dan geometri. Beberapa permasalahan aljabar dapat dengan mudah diselesaikan dengan pendekatan geometri karena konsep geometri lebih mudah digambarkan dibandingkan dengan konsep aljabar yang cenderung lebih abstrak. Begitupun sebaliknya, terdapat beberapa permasalahan geometri yang dapat diselesaikan dengan konsep aljabar, misal mencari persamaan dari suatu bangun Geometri. Konsep aljabar merupakan salah satu hal penting dalam geometri. Misal, dalam geometri panjang suatu segmen garis pada hakekatnya hanya sebuah nilai pendekatan dari suatu pengukuran. Namun dari segi aljabar, bilangan yang menyatakan panjang garis tersebut dipandang sebagai perhitungan yang eksak, bukan sekedar pendekatan. Oleh karena itu, sangat perlu bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika untuk menempuh mata kuliah Geometri Analitik Bidang. Hal ini bertujuan agar mahasiswa siap dalam menyelesaikan berbagai permasalahan geometri baik dengan konsep geometri maupun konsep aljabar.

Materi yang akan dipelajari dalam perkuliahan ini diantaranya adalah Sistem Koordinat (Koordinat Kartesius dan Koordinat Polar), Persamaan Garis, Persamaan Lingkaran, Elips, parabola, dan Hiperbola, Persamaan Garis Singgung Lingkaran, Elips, Parabola, dan Hiperbola. Adapun capaian pembelajaran dan sistem penilaian dapat dilihat pada RPS yang akan diberikan nanti pada saat kontrak perkuliahan.

Agar perkuliahan dapat berjalan maksimal, jika terdapat permasalahan terkait dengan perkuliahan maka mahasiswa dapat menghubungi saya pada nomor 082275662966 atau dapat melalui email hardiantidesrina17@gmail.com. Berkaitan dengan kontrak perkuliahan akan didiskusikan lebih lanjut melalui forum diskusi.