Seminar Pendidikan Matematika


  • Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat bergabung dalam Mata Kuliah Seminar Pendidikan Matematika . Sebelum  memulai  perkuliahan, perkenankan saya, Desrina Hardianti, M.Pd. selaku dosen pengampu Mata Kuliah Seminar Pendidikan Matematika untuk mendeskripsikan apa saja yang akan kita pelajari selama satu semester ke depan.
Mata kuliah ini termasuk ke dalam rumpun Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB) dan merupakan mata kuliah wajib bagi  mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika. Mata kuliah ini tersedia pada semester ganjil dengan bobot 2 sks dan kode mata kuliah MAT 528. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah tingkat lanjut, dengan mata kuliah prasyarat yang harus dipenuhi untuk mengikuti mata kuliah ini adalah sebagai berikut:

1. Telah menempuh Mata Kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika

2. Telah menempuh Mata Kuliah Statistka Dasar
3. Telah menempuh Desain dan Strategi Pembelajaran Matematika
4. Telah menempuh Analisis Kurikulum Pendidikan Matematika
5. Telah menempuh Evaluasi Pembelajaran Matematika
 
Mata Kuliah Seminar Pendidikan Matematika  dirancang untuk melatih  mahasiswa agar mampu mengomunikasikan gagasan yang dimiliki baik secara tertulis maupun lisan, serta menguasai metode penelitian pendidikan matematika, dapat mereview karya ilmiah khususnya bidang pendidikan matematika  berdasarkan pada studi literatur yang relevan, untuk kemudian menuliskannya dalam bentuk makalah/laporan hasil penelitian pendidikan matematika/artikel ilmiah/proposal penelitian serta menyajikannya dalam forum seminar. Pembelajaran pada mata kuliah ini difokuskan pada penerapan konsep dari mata kuliah prasyarat yang telah ditempuh. Materi pada mata kuliah ini, disajian dengan tujuan untuk membantu mahasiswa dalam mengulas kembali materi-materi prasyarat. Materi yang akan Kita pelajari dalam  mata kuliah ini adalah sebagai berikut:

1.   Ruang lingkup penelitian pendidikan matematika

2.   Sistematika penelitian pendidikan matematika

3.   Kaidah Penulisan Sesuai dengan EYD

4.   Review Artikel Ilmiah/Hasil Penelitian Pendidikan Matematika

 Selama pembelajaran daring, Saya selalu terbuka jika ada yang ingin mendiskusikan permalahan terkait perkuliahan melalui  email Saya hardiantidesrina17@gmail.com  atau aplikasi whatsapp atau Telegram pada nomor 082275662966. Metode pembelajaran yang akan diguakan selama perkuliahan adalah metode  diskusi, tanya-jawab, dan penugasan. Teknik penilaian yang saya gunakan adalah teknik tes dan non tes.  Adapun kriteria penilaian pada mata kuliah ini adalah Tugas 30%, Kuis 20%, UTS 20%, UAS 30%. Output dari mata kuliah ini adalah karya ilmiah mahasiswa dalam bentuk laporan hasil review jurnal dan proposal penelitian. Oleh karena itu, mahasiswa wajib mulai merancang rencana/outline penelitian. 

Capaian pembelajaran yang diharapkan dari Mata Kuliah Seminar Pendidikan Matematika dengan mengacu pada kompetensi KKNI adalah sebagai berikut:

1.   Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

2.   Menguasai teknik dasar di bidang penelitian matematika dan pembelajarannya.

3.   Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi IPTEK yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan pendidikan matematika berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain di bidang pendidikan matematika

4.   Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur

5.   Mampu mengkaji dan menerapkan berbagai metode pembelajaran yang telah tersedia secara inovatif dan teruji